cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 2016" : 6 Documents clear
Pengaruh Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Terhadap Prestasi Siswa MAN Tambakberas Muhammad Zainal Asrori
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpustakaan sebagai pusat belajar terhadap prestasi siswa MAN Tambakberas. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif semi kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur dan kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 90 panelis yang terdiri dari dari 45 siswa yang sering mengunjungi perpustakaan MAN Tambakberas dan 45 siswa yang jarang ke perpustakaan MAN Tambakberas Jombang. Parameter yang diujikan meliputi nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan, nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan, dan kegiatan siswa selama di perpustakaan. Adapun hasil penelitian tentang nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan cukup tinggi dengan prosentase 18% siswa yang sering mengunjungi perpustakaan mampu mendapatkan nilai diatas 90. 82% siswa mendapatkan nilai di atas 75 dan 0% siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75. Dari responden diperoleh nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan dengan persentase 0% siswa mendapatkan nilai di atas 90, 88, 9% siswa mendapatkan nilai di atas 75, dan 11, 1% siswa mendapatkan nilai di bawah 75. Tidak semua siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi akan tetapi ada siswa yang hanya bermain/ bersantai dengan prosentase 44,4% siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi, 22,2% siswa yang berkunjung ke perpustakaan berkonsultasi tentang tugas, dan 33,3% hanya bersantai/ bermain ke perpustakaan. Dapat disimpulkan perpustakaan MAN Tambakberas sebagai pusat belajar berpengaruh terhapat prestasi siswa yang berkunjung.
Peran Perpustakaan Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Keilmuan Bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus Perpustakaan Kelompok Bermain Mulya Serumpun Kabupaten Pemalang) Ahmad Zaki Muntafi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art4

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan, dimana pendidikan akan mempengaruhi segala aspek kehidupan. Dalam pendidikan dibutuhkan proses pembelajaran, serta formalisasinya melalui lembaga pendidikan. Peran dan kualitas lembaga pendidikan bisa dilihat melalui tenaga pengajar serta fasilitas pendukungnya, KB (Kelompok Bermain) merupakan salah satu lembaga pendidikan bagi anak usia dini. Sebagai lembaga pendidikan, didalam KB terjadi proses pembelajaran dengan memberikan stimulus terhadap anak. Proses pembelajaran tersebut dapat dilakukan melalui media klasikal serta buku-buku bergambar. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran, maka dibutuhkan sebuah perpustakaan yang didesain khusus bagi anak, sehingga ini akan mempermudah dalam meningkatkan pemahaman anak dalam proses pembelajaran
Rekonstruksi Historis Tentang Kontribusi Aktor Intelektual Daulah Bani Umaiyyah Dalam Pengembangan Perpustakaan Islam Klasik Mukhlis Mukhlis
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art5

Abstract

Perpustakaan dalam konteks Islam beranjak dari tradisi teks dan konteks. Tradisi teks lebih awal dari tradisi konteks, yang dapat ditelusuri melalui tradisi agama Islam. Untuk mempelajari ataupun mengkaji suatu agama, maka paling tidak ada lima bentuk gejala agama yang perlu diperhatikan diantaranya adalah naskah-naskahlliteratur sumber ajaran. Perpustakaan Islam merupakan bagian dari sebuah peradaban Islam yang muncul serta mengalami perkembangan sejak awal Islam, yakni pada masa kenabian, masa Khulafa al-Rashidin, serta pada masa daulah-daulah Islam. Jika melihat dalam konteks historis, perkembangan perpustakaan Islam mengalami peningkatan yang signifikan pada masa daulah-daulah, sehingga tulisan ini memfokuskan pada perkembangan perpustakaan Islam pada masa Daulah Bani Umaiyyah. Hal tersebut dianggap penting karena selain para khalifah pada masa tersebut terlibat secara langsung atau berkontribusi besar dalam perkembangan perpustakaan, yang di dalamnya terdapat aktor-aktor yang berkontribusi atau punya andil besar di dalamnya, serta faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran perpustakaan Islam, sehingga hal tersebut menjadi menarik untuk dikaji secara eksploratif dengan pendekatan historis. Kemunduran dan kevakuman dalam dunia Islam diawali dengan jatuhnya wilayah-wilayah Muslim setelah terjadinya perang fisik saat melawan musuh-musuhnya, dan juga dari kalangan .umat Islam itu sendiri. Selain faktor manusia, kehancuran perpustakaan Islam juga disebabkan oleh gejala alam, sepeiti gempa bumi. Perlu ada kesadaran bersama bagi masyarakat untuk merekonstruksi pemikiran mereka bahwa kemajuan tidak dapat dicapai tanpa penguasaan ilmu pengetahuan. Salah satu pilar tersebut adalah tersedianya perpustakaan yang memadai sebagai sumber informasi.
Sinergitas Perpustakaan Dalam Membangun Komunikasi Ilmiah (Scholarly Communication) Pada Era Digital Hartono Hartono
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art6

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (lPTEK) antara lain ditandai membanjirnya informasi (information explotions). Adanya berbagai invasi dalam abad modem ini telah membawa kemajuan berbagai praktek penelitian dari berbagai disiplin ilmu. ltu semua muncul karena adanya kegiatan komunikasi ilmiah. Proses komunikasi ilmiah merupakan proses penyampaian pesan antara komunikan dan komunikator pada tataran tradisi akademik ilmiah yang melibatkan berbagai komponen mulai dari pencipta informasi (ilmuwan, pengarang, inventor) kepada pengguna informasi. Komunikasi ilmiah juga melibatkan berbagai komponen pendukung semacam penerbit, penjual, agen dan toko buku, organisasi, perpustakaan, pusat dokumentasi, dan dukungan teknologi informasi. Mengkaji tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Perpustakaan Proklamator Bung Karno, bahwa perpustakaan sebagai lembaga!institusi yang bertugas dalam menghimpun, mengelola, mengembangkan, melestarikan, mendayagunakan, dan melayankan koleksi perpustakaan Bung Kamo. Dalam upaya membangun akses informasi, koleksi perpustakaan Bung Kamo terdiri dari berbagai media textual maupun digital. Kemudian ditinjau penyebaran koleksi Bung Kamo tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai negera didunia. Dalam upaya mengembangkan komunikasi ilmiah yang lebih maksimal maka Perpustakaan Proklamator Bung Kamo membangun sinergitas dan penguatan peran sebagai berikut: Pertama, perpustakaan Bung Kamo perlu membangun sinergi infrastruktur komunikasi ilmiah yang melibatkan berbagai komponen pendukung semacam penerbit, penjual, agen dan toko buku, organisasi, perpustakaan, dan pusat dokumentasi. Kedua, perpustakaan perlu penyediakan infrastruktur untuk publikasi dengan akses terbuka (open access), koleksi e-resources pada akses ke jumal ilmiah khususnya subjek Bung Kamo. Ketiga, perpustakaan perlu membangun tempat penyimpanan (repositories) yang menyediakan akses pada arsip data serta dokumen digital yang dihasilkan dari karya-karya penelitian untiJk kepentingan penelitian tentang Sukamologi. Keempat, perpustakaan perlu mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan untuk mendukung kegiatan riset tentang Sukarno.
Evaluasi Kualitas Software "SIPUSTAKOM" di Perpustakaan STMIK AKAKOM Yogyakarta Sri Wahyuni
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art1

Abstract

Otomasi perpustakaan merupakan kebutuhan perpustakaan yang tidak bisa ditawar lagi. SIPUSTAKOM merupakan salah satu software otomasi perpustakaan yang dirancang dan dibuat sendiri serta dimanfaatkan oleh perpustakaan STMlK AKAKOM. Software yang diaplikasikan tersebut perlu dievaluasi untuk mengetahui apakah mampu memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui gambaran dariprogram aplikasi yang dijalankan dan untuk mengetahui kebutuhan otomasi perpustakaan STMIK AKAKOM serta untuk mengevaluasi software berdasarkan perspektif kebutuhan otomasi perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa dari dua puluh sembilan item dalam pemenuhan kebutuhan otomasi perpustakaan STMIK AKAKOM Yogyakarta, ternyata terdapat tujuh belas item yang sudah mampu terpenuhi dan masih terdapat dua belas item yang belum mampu terpenuhi oleh software aplikasi SlPUSTAKOM. Deng an hasil tersebut hendaknya ada penambahan fasilitas yang lebih lengkap agar semua kebutuhan otomasi perpustakaan dapat terpenuhi. Penambahan fasilitas tersebut meliputi penyediaan menu pengadaan bahan pustaka, menu penelusuran status buku yang diproses, penelusuran berdasarkan subyek, menu input data anggota, menu pemesanan peminjaman buku, pembuatan laporan koleksi berdasarkan pengarang, pembuatan laporan buku yang hilang, menampilkan laporan jumlah pengunjung dan menu laporan atau informasi jumlah anggota
Penelitian Pendahuluan Realisasi Program Perpustakaan Digital Terintegrasi Dalam Upaya Mendongkrak Prestasi Akademik Siswa (Studi Kasus: SMK Negeri 13 Bandung) Muldan Halim Pratama
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art2

Abstract

Memasuki zaman digital yang segala sesuatunya beljalan secara cepat, siswa kemudian berpikir bahwa pergi ke perpustakaan atau mencari-cari informasi ke internet. Apalagi mayoritas siswa saat ini memilikigadgetyang terkoneksi internet, mereka berpikir sederhana bahwa dengan internet maka dalam hitungan detik, apapun informasi yang diinginkan dapat diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keberadaan pepustakaan dapat membantu siswa SMKN 13 Bandung dalam meraih prestasi akademik, mengetahui tingkat kunjungan, tujuan kedatangan dan persepsi siswa terhadap perpustakaan, mengetahui persepsi dan kesetujuan siswa tentang sistem serta program perpustakaan digital terintegrasi perpustakaan daerah jika diterapkan di SMKN 13 Bandung. Penelitian ini disusun melalui dua tahapan, studi literatur dan studi lapangan. Pada tahap studi literatur dikumpulkan berbagai informasi dan data mengenai prestasi akademik, perpustakaan, dan perpustakaan digital. Tahap studi lapangan dilakukan dengan teknik pengumpulan data survei (penyebaran angket). Berdasarkan hasil studi literatur dan survei, dapat disimpulkan bahwa: Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa SMKN 13 Bandung dalam meraih prestasi akademik. Tingkat kunjungan siswa SMKN 13 Bandung ke perpustakaan masih minim. Tujuan utama datang ke perpustakaan adalah untuk meminjam buku. Jenis buku yang sering dipinjam adalah buku penunjang sekolah. Mayoritas responden merasa kenyamanan perpustakaan masih pada taraf biasa saja. Beberapa hal yang perlu dibenahi agar perpustakaan dirasa lebih nyaman adalah kerapihan dan estetika ruangan, koleksi buku serta sikap pegawai perpustakaan. Mayoritas siswa SMKN 13 Bandung telah mengetahui sistem perpustakaan digital adalah sistem perpustakaan IT yang terintegrasi serta terkoneksi Internet dan setuju jika sekolah mengadakan program perpustakaan digital yang terintegrasi perpustakaan daerah

Page 1 of 1 | Total Record : 6